Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

5 Ciri Surat Tidak Resmi dan Penjelasannya

Ciri-ciri surat tidak resmi merupakan salah satu pembeda antara surat tidak resmi dengan surat resmi atau surat dinas.

Surat tidak resmi atau surat pribadi adalah jenis surat yang digunakan untuk mengirimkan pesan atau informasi secara informal dan biasanya antara orang yang saling mengenal atau memiliki hubungan personal.

Hubungan personal yang dimaksud adalah hubungan antara individu dengan individua tau perseorangan dengan ikatan kerabat atau sahabat. Bukan hubungan kedinasan atau sebagainya yang bersifat resmi.

Ciri Surat Tidak Resmi

Hal ini tentu berbeda dengan surat resmi atau surat dinas. Bagi yang penasaran apa saja ciri surat tidak resmi? Simak saja penjelasan berikut ini.

Ciri-ciri Surat Tidak Resmi

Gaya Bahasa yang Santai

Ciri yang paling khas dari surat tidak resmi adalah gaya bahasanya yang santai dan tidak formal. bahasa yang digunakan dalam surat tidak resmi adalah Bahasa yang sederhana dan cenderung mengikuti bahasa sehari-hari yang digunakan dalam percakapan biasa.

Dalam tata Bahasa surat tidak resmi juga kerap terdapat singkatan atau kata-kata slang yang banyak digunakan. Kendati banyak menggunakan Bahasa pasaran bahkan singkatan tetapi bisa dimengerti satu sama lain.

Tidak Memiliki Bentuk yang Baku

Surat tidak resmi tidak memiliki bentuk yang baku seperti surat resmi. Biasanya, surat tidak resmi ditulis secara bebas tanpa mengikuti aturan tertentu yang sering terdapat dalan surat resmi.

Beberapa bentuk baku yang tidak terdapat dalam surat tidak resmi seperti kop surat atau header, footer, tanda tangan dan stempel, dan nomor surat, hal dan perihal, dan sebagainya yang menjadi ciri dari Surat Resmi. 

Baca Juga: Pengertian dan Ciri Surat Resmi

Surat tidak resmi bisa ditulis dengan tangan atau menggunakan komputer, dan bisa dihias dengan gambar atau stiker. Jika diketik dengan  komputer, font atau model huruf bebas tidak harus arial atau Time New Roman yang sering digunakan dalam surat resmi. Begitu juga dengan Kertas yang digunakan juga bebas, tidak harus putih.

Tidak Memiliki Sistematika yang Ketat

Sistematika penulisan surat tidak resmi juga tidak harus mengikuti aturan yang ketat. Biasanya, surat tidak resmi dimulai dengan pembukaan yang santai, seperti menyapa dengan kata-kata seperti “Hai” atau “Halo”.

Selanjutnya, isi surat bisa berisi cerita, pengalaman, atau informasi yang ingin disampaikan. Akhir surat bisa diakhiri dengan kalimat penutup yang ramah seperti “Salam hangat” atau “Semoga baik-baik saja”, salam rindu, dan sebagainya.

Baca Juga: Bagian-bagian Surat Resmi

Tidak Ada Batasan Waktu untuk Membalas

Surat tidak resmi juga tidak memiliki batasan waktu untuk dibalas. Penerima surat bisa membalas surat tersebut kapan saja, tergantung pada kesibukan dan waktu luang yang dimilikinya.

Terkadang, surat tidak resmi juga digunakan untuk menjaga hubungan baik antara teman atau sahabat yang saling jauh, sehingga bisa dianggap sebagai bentuk komunikasi yang lebih personal dan intim.

Banyak Digunakan dalam Komunikasi Personal

Surat tidak resmi banyak digunakan dalam komunikasi personal, seperti antara teman, keluarga, atau pasangan. Surat tidak resmi juga sering digunakan dalam kegiatan korespondensi yang sifatnya tidak resmi, seperti dalam mengirimkan undangan atau mengucapkan selamat ulang tahun.

Karena sifatnya yang santai dan personal, surat tidak resmi seringkali dianggap lebih mengena dan berkesan bagi penerimanya. Bahkan beberapa decade lalu, keberadaan surat tidak resmi ini begitu dinantikan oleh kaula muda yang menyampaikan perasaan rindu dengan pasangannya.

Itulah beberapa ciri dari surat tidak resmi. Surat tidak resmi memiliki sifat yang santai dan tidak formal, sehingga bisa menjadi alternatif yang tepat untuk menjaga hubungan personal dengan orang-orang terdekat kita.

Tentunya ciri surat tidak resmi ini merupakan unsur atau bagian dalam perbedaan surat resmi dan surat tidak resmi yang sudah kami posting sebelumnya. Terima kasih, semoga bermanfaat. Simak info seputar surat lainnya hanya di DuniaSurat.com

Posting Komentar untuk "5 Ciri Surat Tidak Resmi dan Penjelasannya"