Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

4 Perbedaan Surat Resmi dan Surat Tidak Resmi dan Penjelasannya

Perbedaan surat resmi dan tidak resmi ternyata cukup mendasar. Walaupun keduanya merupakan surat namun terdapat perbedaan yang harus difahami oleh semua.

Banyak yang menganggap, perbedaan surat resmi dan tidak resmi hanya berasal dari sumber pembuatnya. Jika surat resmi berasal dari kantoran sedangkan tidak resmi berasal dari personal atau pribadi.

Ternyata perbedaan Surat resmi dan tidak resmi tidak hanya itu. Masih ada beberapa poin penting perbedaan surat resmi dan surat tidak resmi yang sangat fundamental. Sehingga harus benar-benar dipahami agar tidak salah salam pelaksanaannya.

perbedaan surat resmi dan tak resmi

Secara umum Surat resmi dan surat tidak resmi adalah dua jenis surat yang berbeda dalam hal format, konten, dan tujuan penggunaannya.

Surat resmi atau surat dinas adalah surat yang digunakan untuk keperluan bisnis, pemerintahan, atau institusi resmi lainnya. Surat ini harus memenuhi standar tertentu dalam hal format dan konten, dan biasanya dilengkapi dengan kop surat, nomor surat, tanda tangan, dan stempel resmi. Surat resmi harus disusun dengan bahasa yang sopan dan sesuai dengan etika bisnis atau etika pemerintahan.

Sedangkan surat tidak resmi atau surat pribadi adalah surat yang tidak memiliki format dan konten standar. Surat ini digunakan untuk keperluan pribadi atau informal, seperti menulis surat kepada teman atau keluarga. Surat tidak resmi tidak perlu menggunakan kop surat atau nomor surat, dan dapat disusun dengan bahasa yang santai dan tidak formal.

Untuk lebih jelasnya mengenai apa saja perbedaan surat resmi dan tidak resmi? Simak saja Perbedaan antara surat dinas atau surat resmi dan tidak resmi sebagai berikut:

Perbedaan Surat Resmi dan Tidak Resmi

Bahasa Surat Resmi dan Tidak Resmi

Perbedaan surat dinas dengan surat tak resmi adalah dari segi penggunaan Bahasa. Bahasa dalam surat resmi menggunakan Bahasa yang singkat, padat, efektif, dan mudah dimengerti. Selain itu, dari pilihan kata yang disajikan juga menggunakan Bahasa resmi atau baku.

Sebaliknya, Bahasa surat tidak resmi menggunakan gaya Bahasa yang lebih santai dan tidak terlalu diikat oleh peraturan penulisan kalimat atau kata baku. Gaya Bahasa yang digunakan juga ringan, tidak terikat dengan format penulisan kata dan kalimat bagi. Dalam menyampaikan pesan pun kadang bertele-tele karena membawa pembaca agar masuk ke dalam dimensi penulis.

Format Surat Resmi

Dalam Penulisan surat resmi terdapat format yang standar dan harus diikuti. Format penulisan ini merupakan perbedaan surat resmi dan tidak resmi yang paling mencolok.

Dalam Surat resmi harus mengikuti format standar, termasuk penggunaan kop surat, tanggal, nomor surat, dan stempel resmi. Format penulisan surat resmi menunjukkan identitas pengirimnya bahwa yang mengirim adalah instansi, perusahaan, Lembaga, Yayasan, organisasi, dan sebagainya. Kemudian legalisasi dengan tanda tangan dan stempel asli.

Sementara surat tidak resmi tidak memiliki format standar dan dapat disusun sesuai dengan keinginan penulis. Karena pengirim surat tidak resmi adalah pribadi jadi tidak perlu kop, stempel, nomor, dan sebagainya. Cukup penulisan saja yang mudah difahami oleh pembaca.

Jadi perbedaan format surat resmi dan tidak resmi sebagai berikut:

- Kop Surat

- Nomor Surat

- Tanda tangan dan stempel

-  Tembusan

Itulah format penulisan yang ada di surat resmi tetapi tidak ada di surat tidak resmi.

Konten Surat

Secara konten surat, Surat resmi harus memuat informasi yang jelas dan lengkap, seperti tujuan surat, isi surat, dan tanda tangan dari penulis.

Sedangkan Surat tidak resmi dapat berisi informasi yang lebih santai dan personal, seperti pengalaman pribadi, ungkapan rasa sayang, kisah sedih, kisah bahagia, atau kisah lucu.

Tujuan Surat

Surat resmi digunakan untuk keperluan bisnis, pemerintahan, atau institusi resmi lainnya. Surat tidak resmi digunakan untuk keperluan pribadi atau informal, seperti untuk menulis kepada teman atau keluarga.

Dalam penggunaannya, surat resmi dan tidak resmi memiliki perbedaan yang signifikan. Surat resmi harus digunakan dengan hati-hati dan hanya untuk keperluan yang sah, sedangkan surat tidak resmi dapat ditulis kapan saja dan untuk keperluan apapun.

Itulah perbedaan surat resmi dan tidak resmi yang bisa dijadikan informasi berharga bagi yang membutuhkan. Semoga bermanfaat. Informasi lainnya simak juga di DuniaSurat.com

Posting Komentar untuk "4 Perbedaan Surat Resmi dan Surat Tidak Resmi dan Penjelasannya"