Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Surat Undangan Buka Bersama Masjid dan Contoh Template Doc

Surat Undangan Buka Bersama Masjid merupakan undangan mengajak untuk hadir dalam acara buka Bersama di masjid.

Surat Undangan buka Bersama Ramadhan di Masjid ini memang sering ditemukan pada bulan puasa. Hal ini tentu menjadi pemandangan yang cukup unik dibandingkan dengan bulan selain Ramadhan.

Seperti yang diketahui, Bulan Ramadan adalah bulan yang penuh dengan berkah dan keberkahan bagi umat Islam di seluruh dunia. Selama bulan ini, umat Islam berpuasa dan melakukan amalan ibadah yang lebih banyak dari biasanya. Selain itu, bulan Ramadan juga merupakan waktu yang tepat untuk mempererat hubungan sosial antara sesama umat Islam.

Surat Undangan Buka Bersama Masjid

Mengadakan buka Bersama termasuk momen penting untuk mempererat silaturrahmi serta meningkatkan keimanan. Karena biasanya undangan buka Ramadhan di masjid tidak sekedar undangan berbuka puasa saja. Tetapi juga terdapat siraman rohani atau ceramah agama.

Oleh karena itu dalam membuat surat undangan Buka Bersama Ramadhan di Masjid haruslah jelas mengenai waktu, acara, dan hal-hal yang perlu diperhatikan dalam pelaksanaan Buka Bersama di masjid pada Bulan Ramadhan.

Baca Juga: Perbedaan Surat Undangan Resmi, Setengah Resmi, dan Tidak Resmi

Nah bagi yang masih penasaran bagaimana cara membuat surat undangan buka puasa di masjid atau sudat undangan buka Bersama di masjid berikut bisa disimak bagian-bagian dari surat undangan Buka bareng di masjid.

Bagian-bagian Surat Undangan Buka Bersama di Masjid

Kop surat

Kop surat dalam undangan buka Bersama bulan Ramadhan sebenarnya tergantung siapa yang mengadakan atau pemilik acara. Jika Undangan buka Bersama di masjid merupakan salah satu program dari takmir maka wajib menggunakan kop surat, karena Takmir merupakan organisasi structural di Masjid.

Sebaliknya jika pengundangnya adalah personal atau individu yang menumpang lokasi acara di masjid maka tidak perlu menggunakan kop surat.

contoh Surat Undangan Buka Bersama Masjid

Judul

Judul undangan sebaiknya mencantumkan acara yang akan diadakan, yaitu "Undangan” atau bisa juga menggunakan yang lebih lengkap “Buka Bersama dan Haul KH sebut saja nama".

Baca Juga: Ciri-ciri Surat Undangan Setengah Resmi

Tanggal, Waktu, dan Tempat

Bagian ini menjelaskan detail mengenai tanggal, waktu, dan tempat acara. Sebaiknya ditulis dengan jelas agar tidak terjadi kebingungan. Contoh penulisan:

 Hari/Tanggal: Sabtu, 20 Mei 2023;

Waktu: 17.30 - 19.00 WIB;

Tempat: Masjid Al-Barokah, Jl. Merdeka No. 10.

Ucapan Pembuka

Bagian ini berisi ucapan pembuka, tujuan sebuah acara,  dan ajakan untuk hadir pada acara buka bersama di masjid. Contohnya,

"Assalamu'alaikum Warahmatullahi Wabarakatuh, dengan memohon ridho Allah SWT, kami mengundang Bapak/Ibu/Saudara/i untuk hadir pada acara Buka Bersama di Masjid Al-Muhajirin".

Rundown Acara

Untuk acara yang memiliki beberapa kegiatan maka sebaiknta menyampaikan roundown acara. Rundown acara berisi informasi tentang kegiatan apa saja yang akan dilakukan selama acara buka bersama di masjid. Contohnya:

Pukul: 17.30 - 17.45 WIB: Tadarus Quran

Pukul: 17.45 - 18.00 WIB: Ceramah agama

Pukul: 18.00 - 18.15 WIB: Doa bersama

Pukul: 18.15 - 19.00 WIB: Berbuka Puasa dan Shalat Maghrib".

Ucapan Penutup

Bagian ini berisi ucapan penutup dan ajakan untuk hadir pada acara buka bersama di masjid. Contohnya:

Demikian undangan ini kami sampaikan. Mengingat waktu yang begitu terbatas kami mohon untuk hadir tepat waktu. Semoga acara buka bersama di masjid dapat berjalan dengan lancar dan mendapatkan ridho dari Allah SWT. Terima kasih atas perhatian dan kehadiran Bapak/Ibu/Saudara/i.

Baca Juga: Contoh Surat Undangan Setengah Resmi

Contoh Surat Undangan Buka Bersama Masjid

Berikut contoh isi dari surat undangan buka bersama di Masjid. 

Assalamu'alaikum Warahmatullahi Wabarakatuh,

Dengan memohon ridho Allah SWT, kami mengundang Bapak/Ibu/Saudara/i untuk hadir pada acara Buka Bersama di Masjid Al-Hidayah.

Hari/Tanggal: Sabtu, 7 Mei 2023

Waktu: 17.30 - 19.00 WIB

Tempat: Masjid Al-Hidayah, Jl. Merdeka No. 15

Rundown acara:

17.30 - 17.45 WIB: Tadarus Quran

17.45 - 18.00 WIB: Ceramah agama

18.00 - 18.15 WIB: Doa bersama

18.15 - 19.00 WIB: Berbuka Puasa dan Shalat Maghrib

Demikian undangan ini kami sampaikan. Semoga acara Buka Bersama di Masjid Al-Hidayah dapat berjalan dengan lancar dan mendapatkan ridho dari Allah SWT. Terima kasih atas perhatian dan kehadiran Bapak/Ibu/Saudara/i.

Wassalamu'alaikum Warahmatullahi Wabarakatuh.

Download Template Surat Undangan Buka Bersama di Masjid Doc

contoh buka bersama di masjid individu

Bagi yang ingin memiliki mengunduh surat undangan buka bareng di Masjid bisa diunduh di bawah ini.

Download Template Surat Undangan Buka Bersama di Masjid Takmir – DI SINI

Download Template Surat Undangan Buka Bersama di Masjid versi Personal – DI SINI

Demikian informasi seputar surat undangan buka bersama Masjid yang bisa kami sajikan. Simak informasi lain seputar surat hanya di duniasurat.com. Semoga bermanfaat.

Posting Komentar untuk "Surat Undangan Buka Bersama Masjid dan Contoh Template Doc"