Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Contoh Surat Pernyataan Izin Mengikuti Pondok Ramadhan

Surat pernyataan izin Pondok Ramadhan merupakan surat yang dibutuhkan oleh sekolah untuk meminta persetujuan dari orang tua atau wali murid dalam pelaksanaan kegiatan yang dilakukan di luar jam belajar.

Pondok Ramadhan merupakan salah satu kegiatan yang rutin dilakukan setiap tahun tepatnya pada bulan puasa atau bulan Ramadhan. Di Indonesia ada sebuah kebiasaan yaitu pondok Ramadhan menginap.

Pondok Ramadhan menginap merupakan tempat tinggal sementara yang disediakan oleh masyarakat atau lembaga untuk mereka yang ingin lebih intensif dalam menunaikan ibadah selama bulan Ramadhan. Pondok Ramadhan ini biasanya disediakan dengan fasilitas yang sederhana seperti kasur, bantal, dan perlengkapan mandi. Selain itu, ada juga lembaga yang menyediakan makanan sahur dan berbuka puasa bagi para penghuni pondok Ramadhan.

contoh surat pernyataan pondok ramadhan

Tradisi tinggal di pondok Ramadhan menginap ini sebenarnya sudah ada sejak lama di Indonesia. Pada masa lalu, pondok Ramadhan ini biasanya dibangun oleh masyarakat di sekitar masjid atau mushola. Namun, seiring perkembangan zaman, pondok Ramadhan menginap mulai disediakan oleh lembaga-lembaga seperti pesantren, yayasan, atau organisasi keagamaan.

Mengingat kegiatan yang menginap atau meninggalkan orang tua, maka sangat oenting bagi sekolah emmastikan bahwa anak didiknya mendaoatkan restu dan izin dari orang tua. Sehingga apapun yang terjadi selama pelaksanaan pondok Ramadhan merupakan tanggung jawab Bersama.

Baca Juga: Format Penulisan Surat Pernyataan dan Contohnya 

Oleh karena itu sangat penting bagi orang tua untuk memberikan izin secara tertulis melalui surat pernyataan Pondok Ramadhan yang dikeluarkan oleh orang tua dan menjadi dokumen penting sekolah dalam pelaksanaan ini.

Isi dari surat pernyataan izin kegiatan sekolah antara lain mencantumkan nama lengkap siswa, kelas, nama kegiatan, tanggal dan waktu pelaksanaan, serta lokasi kegiatan. Selain itu, surat tersebut juga harus mencantumkan tanda tangan orang tua atau wali murid sebagai tanda persetujuan.

Contoh Surat Pernyataan Izin Pondok Ramadhan

Surat pernyataan izin pondok Ramadhan merupakan surat pernyataan orang tua murid dan akan menjadi berkas surat pernyataan sekolah dalam menjalankan program ini. Untuk itu butuh format khusus dalam membuat surat pernyataan orang tua memberi izin pondok Ramadhan ini.

contoh surat pernyataan izin sekolah

Contoh Surat Pernyataan Izin Pondok Ramadhan

 

SURAT PERNYATAAN IZIN IKUT PONDOK RAMADHAN

 

Yang bertanda tangan di bawah ini,

 Nama: [Nama Orang Tua/Wali]

Alamat: [Alamat Orang Tua/Wali]

Telepon/HP: [Nomor Telepon/HP Orang Tua/Wali]

Dengan ini menyatakan bahwa saya sebagai orang tua/wali dari:

Nama Siswa: [Nama Siswa]

Kelas: [Kelas Siswa]

Sekolah/Lembaga: [Nama Sekolah/Lembaga]

Memberikan izin kepada anak saya untuk mengikuti kegiatan pondok Ramadhan di:

Nama Pondok Ramadhan: [Nama Pondok Ramadhan]

Alamat Pondok Ramadhan: [Alamat Pondok Ramadhan]

Periode menginap: [Tanggal mulai - Tanggal selesai]

 

Saya menyatakan bahwa anak saya dalam keadaan sehat dan mampu mengikuti kegiatan pondok Ramadhan tersebut dengan baik. Saya juga menyadari bahwa selama menginap di pondok Ramadhan, anak saya akan berada di bawah pengawasan orang dewasa yang bertanggung jawab atas kegiatan tersebut.

Saya juga menjamin bahwa anak saya akan mematuhi aturan-aturan yang ditetapkan selama menginap di pondok Ramadhan, serta tidak melakukan hal-hal yang merugikan dirinya sendiri maupun orang lain.

Saya juga membebaskan pondok Ramadhan, pengurus, dan pihak-pihak terkait dari segala tuntutan hukum atau ganti rugi yang mungkin timbul selama anak saya mengikuti kegiatan di pondok Ramadhan.

Demikian surat pernyataan ini saya buat dengan sebenarnya dan dengan penuh kesadaran, untuk dapat dipergunakan sebagaimana mestinya.

 

Hormat saya,

[Tempat dan Tanggal]

[Nama Orang Tua/Wali]

Tanda tangan: _______________

contoh surat pernyataan izin pondok ramadhan

Contoh Surat Pernyataan Orang Tua Memberi Izin Kegiatan Pondok Ramadhan

SURAT PERNYATAAN

PEMBERIAN IZIN PONDOK RAMADHAN

 

Saya yang bertanda tangan dibawah ini,

 

Nama    : ……………...........

Tempat / Tgl. Lahir           : ……………...........

Alamat  : ……………...........

Orang Tua / Wali murid dari,

Nama    : ……………...........

Kelas     : ……………...........

Menyatakan bahwa telah Memberi Izin / Tidak Memberi Izin*) anak kami untuk mengikuti Pondok Ramadhan di dengan alasan:

……………........... [alasan ikut/tidak ikut]

……………...........

Demikian             surat      pernyataan         ini           dibuat   dengan sebenarnya        untuk    dapat digunakan sebagaimana mestinya.

Sumenep,           Bulan Tahun

Orang Tua/Wali Peserta Didik

 

Nama Orang Tua

 

Keterangan: *)coret salah satu

Itulah Contoh surat Pernyataan Izin Pondok Ramadhan orang tua yang dikirim ke sekolah sebagai bukti bahwa putra-putrinya diberi izin mengikuti pondok Ramadhan. Untuk mendapat file Surat Pernyataan izin pondok romadhan di atas bisa download di bawah ini.

Download Surat Pernyataan Izin Pondok Ramadhan Doc

Bagi yang ingin menggunakan file di atas bisa langsung di unduh/download di bawah ini.

Download Surat Pernyataan Pondok Ramadhan Doc – DOWNLOAD DI SINI

Demikian contoh dan link download surat pernyataan izin mengikuti pondok Ramadhan di sekolah dan sebagainya. Semoga bermanfaat. Untuk informasi lain bisa juga di cek di duniasurat.com.

Posting Komentar untuk "Contoh Surat Pernyataan Izin Mengikuti Pondok Ramadhan"