Contoh Surat pengunduran diri dari organisasi yang baik

Contoh surat pengunduran diri | Berorganisasi merupakan salah satu cara menempa diri agar potensi yang ada di dalam seseorang bisa digali. Ada banyak organisasi yang berbasis hobi atau kegemaran, cara pandan atau ideologi hingga politik. Organisasi sendiri menurut Stephen P. Robbins menyatakan bahwa Organisasi adalah kesatuan (entity) sosial yang dikoordinasikan secara sadar, dengan sebuah batasan yang relatif dapat diidentifikasi, yang bekerja atas dasar yang relatif terus menerus untuk mencapai suatu tujuan bersama atau sekelompok tujuan ( sumber : wikipedia ) . Dengan kata lain bahwa organisasi sejatinya merupakan bentuk perkumpulan dua orang atau lebih yang saling bekerja sama dalam memperjuangkan tujuan bersama dan dilakukan dengan sadar dan terus menerus.

Dalam memperjuangkan tujuan tersebut seringkali ada banyak halangan, mulai dari ketiadaan waktu luang, problem intern organisasi, muatan kepentingan individu yang ada di dalamnya maupun sistem kepemimpinan atau manajemen yang kurang baik. Contoh halangan tersebut bisa jadi alasan seseorang mengundurkan diri dari sebuah organisasi. Jika anda merasakan hal tersebut kemudian ingin menarik diri secara resmi dari organisasi tersebut maka sebaiknya anda mengajukan surat pengunduran resmi dari orgnisasi. Apa keuntungannya? Keuntungan mengajukan surat pengunduran diri adalah bahwa anda secara resmi tidak terikat dengan pandangan, dengan gerakan dan hal - hal lain yang terkait organisasi tersebut.

Contoh Surat pengunduran diri

Di beberapa tempat, organisasi melarang adanya dualisme keanggotaan. Selain itu, untuk lebih aman anda bisa kuat secara hukum ketika anda telah mengundurkan diri secara resmi. Nah berikut ini akan saya berikan beberapa contoh surat pengunduran diri dari organisasi yang bisa anda tiru untuk surat pengunduran diri anda :

contoh surat pengunduran diri dari organisasi mahasiswa

Kepada Yth.                                                                  Purwakarta,  12 Juni 2015
Ketua BEM UNP Purwakarta
Di
Universitas Nasional Purwakarta

Bersama surat ini saya : 
Nama                  : Ika Lagi Kalu
Alamat                : Bekasi Raya No. 12 Bekasi
Fakultas / Prodi   : Ilmu Komunikasi / TI - 3

mengajukan permohonan pengunduran diri sebagai Ketua Bidang Informasi di BEM UNP Purwakarta terkait beberapa alasan sebagai berikut :
1. Telah bekerja di Perusahaan di Jakarta sehingga tidak dapat memiliki waktu untuk berorganisasi
2. Domisili saya pindah di Bekasi 

Tiada kata yang lebih pantas dihaturkan selain terima kasih yang tak terhitung karena selama berorganisasi di BEM UNP, saya banyak menimba ilmu serta mempraktikan ilmu - ilmu yang telah saya dapatkan di perkuliahan. Sekaligus permohonan maaf saya atas segala kesalahan saya serta keterbatasan saya dalam melaksanakan tugas sehingga belum bisa memberikan yang terbaik untuk BEM UNP. Semoga kedepan, BEM UNP Tetap menjadi pelopor pergerakan mahasiswa di UNP Purwakarta dan menjadi agen perubahan di tengah masyarakat Indonesia.

Demikian surat pengunduran diri ini saya sampaikan. Terima kasih atas ijin dan perhatiannya. 

Hormat saya,



Ika Lagi Kalu

 Baca juga : Contoh Surat Pengunduran Diri Kerja 

Contoh surat pengunduran diri dari OSIS dan Pramuka

Kepada
Yth. Ketua Osis SMA N 32 Jakarta
di Tempat

Yang bertanda tangan dibawah ini, saya :
Nama    : Cadinda Nura
Kelas     : XI IPA / 5
Jabatan  : Sekretaris 

Dengan ini saya mengajukan pengunduran diri dari Organisasi Siswa Intra Sekolah ( OSIS ) Sekolah Menengah Atas 32 Jakarta di karenakan kondisi tubuh yang tidak memungkinkan untuk melakukan banyak kegiatan yang disebabkan oleh penyakit Leukimia. Pengunduran diri saya berlaku terhitung mulai tanggal 21 Agustus 2015. 
Setelah bersama di dalam OSIS SMA 32 Jakarta, saya mendapatkan banyak sekali pengalaman dalam mengatur diri dan waktu serta mendapatkan banyak sekali ilmu. Namun demikian, tentu dalam setiap perkataan dan tindakan saya terdapat banyak sekali kesalahan baik yang disengaja maupun tidak disengaja. Oleh karenanya, saya mohon maaf atas keterbatasan saya selama menjabat sebagai sekretaris.
Kedepannya, semoga OSIS SMA 32 Jakarta akan semakin maju dan lebih kreatif inovatif dalam mengadakan kegiatan - kegiatan baik di dalam sekolah maupun di tingkat yang lebih tinggi.
Demikian permohonan pengunduran diri ini saya sampaikan. Saya buat dengan sebenar - benarnya dan harap untuk maklum.

Mengetahui:
Orang Tua Murid

(Suroro Ririsan)                                                                                     (Cadinda Nura)
Menyetujui:
Pembina Osis                                                                                            Ketua Osis 2015

(Prakata Indah)                                                                                       (Joko Widado)


Dalam menyusun surat pengunduran diri dari organisasi yang baik, dalam menyampaikan alasan usahakan dengan sopan dan jangan sampai membuat tersinggung para anggota organisasi. Selain itu, dalam mempertimbangkan pengunduran diri anda, anda harus memikirkan segala konsekuensi yang ada karena biasanya efek yang ditimbulkan bisa ke ranah mental. 

Demikian contoh surat pengunduran diri dari organisasi yang baik dan benar semoga ada manfaat.